Blowing In The Wind Pink And Green Flower;

Saturday, June 25, 2011

Kebaya Hamil

Kebaya hamil ini dibikin dalam rangka acara pernikahan salah satu sahabatku, Fia… Khusus untuk para sahabat-sahabatnya Fia, dia memberikan kami seragam untuk menghadiri pernikahannya. Bahan seragam yang diberikan adalah tule berpayet warna dusty pink yang cantik dan mewah disertai bahan satin berwarna senada untuk bustiernya… Well, well, well…. Bahan-bahan cantik ini membuat aku harus berputar otak untuk mengolahnya menjadi suatu baju yang cantik. Saran dari si empunya hajat siy karena aku sedang hamil aku dikasih keistimewaan untuk bikin gaun dari bahan tersebut… Tapi melihat jenis bahannya yang terkesan formil, kayanya sayang banget buat dijadikan gaun jadi aku memilih untuk tetap menjadikannya kebaya. Bahan yang ada hanya 2m. Jadi aku harus cermat utuk menjadikannya kebaya untuk ibu hamil, secara pertambahan berat badanku juga tidak sedikit… Aku memutuskan untuk membuat kebaya perpaduan baby doll dan cardigan (model apa lagi yang bisa dipakai bumil kalo bukan babydoll?!), kemudian untuk bawahannya aku memakai kain yang berbentuk sarung sehingga lingkar perutnya bisa disesuaikan. Maunya biarpun hamil teteeeep eksis deh hahahaha ^^

Ini disainnya…

kebaya bumil model semi babydoll,

bustiernya dibikin seperti mini tube dress

Untuk model kebaya ini, ternyata masih memerlukan bahan tambahan untuk ornament lipit atau obnaissel di bagian dada. Aku memakai tambahan bahan chiffon dengan warna yang senada. Ornamen lainnya adalah brooch yang menjadi pemanis kebaya. Untuk pitanya, diambil dari sisa bahan satin yang dipakai untuk bustier. Bustier dibikin dengan model mini tube dress dengan lipit dibagian depan untuk tempat perut dan dibagian belakang diberi retsletting dan karet (sengaja memakai karet walaupun sudah ada retsletting, sehingga bisa disesuaikan dengan tubuh yang semakin membesar…hehehe). Pada intinya aku mau kebaya bumil ini adjustable bisa dipakai saat kehamilan membesar maupun saat selesai masa kehamilan nanti….

Tapi yaaah dari disain awal ada beberapa perubahan… lengan yang awalnya ¾ dibikin full (karena kata mamaku lebih anggun lengan panjang) dan kerah dibikin lebih tinggi mengingat ukuran dada yang akan semakin membesar saat hamil.

Hasil akhirnya:


Kebaya hamil tampak depan… menurutku kurang sexy karena kerahnya agak terlalu tinggi buat kebaya (hihihi, dasar bumil so sexy…padahal mah oke-oke aja tuh kerah….), yang sangat disayangkan bustier yang sedikit kepanjangan alhasil sedikit balapan sama tule-nya… T_T






Kebaya hamil tampak belakang…. See!!! Keliatan banget yaaa bustiernya kepanjangan (huhuhuhuuuu sedih aku ngeliatnya, it’s out from my design!), truss yang memBT-kan karetnya kurang rendah (maksud disainku karetnya itu tertutuo oleh pita yang melingkar di tule ituuu…. Hadeuuuuuh… bikin bumil esmosssiiii), tapi aku suka banget sama detail tule yang gede sendiri dipunggung itu hehehe…..




Kebaya ex hamil… kebaya ini bisa dipakai setelah selesai masa kehamilan nantinya. ^^ (hehehe, I hope so….)





Walaupun hasilnya kurang memuaskan tetapi menuai pujian dari teman-teman cukup menghiburku dari rasa sakit hati “un-perfectly pregnancy kebaya” ini... Makasi atas apresiasinya yaaah teman-temaaan….


Me and my friends in pink kebaya at Fia’s wedding ^^

No comments:

Post a Comment